Kuliah Sambil Organisasi?? Siapa Takut!!


Banyak mahasiswa yang mati-matian kuliah dan belajar hanya untuk mengejar IP tinggi semata, sehingga tidak mau mengikuti kegiatan organisasi kampus. Masa kuliahnya dihabiskan menjadi mahasiswa “kupu-kupu” (kuliah-pulang). Namun di dunia kerja sekarang tidak hanya melihat IPK dan transkrip nilai saja, namun juga soft skill yang dimilikiKemampuan seperti komunikasi yang baik, menulis, memimpin rapat, kerja sama dengan orang lain dan menyelenggarakan suatu acara tidak diajarkan langsung melalui materi kuliah sehingga untuk mendapatkannya mahasiswa perlu untuk mengikuti organisasi. Di kampus terdapat banyak organisasi yang dapat diikuti, mulai dari organisasi internal kampus dan juga eksternal kampus.

Namun permasalahan yang banyak dialami oleh seorang organisatoris adalah pembagian waktu yang baik antara kuliah dengan organisasi. Banyak mahasiswa yang belum bisa membagi waktunya dengan baik sehingga hanya fokus ke salah satu kegiatan. Bisa organisasinya terlupakan, bisa juga kuliahnya yang terabaikan.

Jika hal tersebut anda alami juga, ada beberapa tips yang dapat anda terapkan agar kuliah dan organisasi bisa seimbang :

1. Buatlah Timeline yang Jelas dan Detail



Timeline yang jelas dan detail wajib dimiliki untuk mengatur waktu anda agar tidak saling berbenturan antara jadwal kuliah dan organisasi, buatlah timeline yang detail untuk setiap tanggal. Bisa dibikin seperti kalender dimana setiap tanggal dan setiap bulan itu ada. Kalau mau lebih detail lagi bisa dibuat seperti tabel yang lengkap dengan hari, tanggal, kegiatan dan jamnya. Sehingga bisa dilihat dengan jelas.

2. Jangan Pernah Menunda Pekerjaan

Jika anda masih suka menunda pekerjaan, mulai sekarang hilangkanlah kebiasaan buruk tersebut. Apabila anda masih suka menunda pekerjaan, timeline yang anda buat tidak ada gunanya. Karena menunda sesuatu dapat mengacaukan setiap timeline dan deadline yang anda buat.
Tidak menunda pekerjaan merupakan cerminan bahwa anda orang yang disiplin waktu. Setiap pekerjaan yang dilakukan tepat waktu, otomatis hasil dari pekerjaan tersebut baik karena dikerjakan dengan sepenuh hati dan penuh ketelitiaan. Dan anda akan dijadikan panutan bagi organisasi atau orang lain yang melihat anda.

3. Tentukan Prioritas



Sedari awal tujuan anda masuk ke perguruan tinggi adalah kuliah. Dahulukan tugas kuliah yang penting dan lebih mendesak. Tugas Organisasi dapat dikerjakan setelah tugas kuliah selesai atau dapat digantikan oleh orang lain untuk sementara waktu. Jangan sampai organisasi membuat anda melupakan kuliah sehingga kuliah anda tertinggal yang mengakibatkan lulus kuliah menjadi lama.

4. Pilih Organisasi yang sesuai dengan passion



Organisasi itu sangat banyak, mulai dari Himpunan, BEM, UKM dan masih banyak lagi. Pilih lah organisasi yang sesuai dengan passion anda agar dapat bekerja dan belajar dengan baik didalam organisasi tersebut. Dan jangan terlalu banyak mengikuti organisasi. suatu waktu pasti ada kegiatan yang saling berbenturan. Apalagi anda hanya masuk ke banyak organisasi untuk gaya-gayaan dan untuk dibilang anak aktivis kampus. Pilih lah organisasi yang bermanfaat untuk anda.

Kesuksesan dapat dicapai oleh mahasiswa yang cerdas dan disiplin, mahasiswa yang mau belajar dan tidak takut untuk mencoba sesuatu yang baru merupakan cerminan mahasiswa yang berguna dan manfaat untuk bangsa dan negara.

Comments

Popular Posts