Lulus SBMPTN tanpa bimbel?? Bisa kok :)



Hai teman teman semua, gue mau bagi pengalaman tahun lalu ikut SBMPTN, mudah2an bisa menjadi inspirasi untuk adik adik yang mau ikut SBMPTN nanti, hehehe :D
Nah, temen temen tau gak apa itu SBMPTN?? SBMPTN adalah Seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan serentak seluruh Indonesia dengan pola tes tertulis. Soalnya itu gak kayak UN yaaah, kalo gitu mah semua yang ikut tes pasti lulus, ntar PTN nya gak kuat nampung begitu banyaknya mahasiswa, hahaha #abaikan
Sebelum UN kan banyak nih bimbel-bimbel yang promosi ke sekolahan kita, nah sekolah gue juga nih, tiap bimbel berlomba-lomba promosiin bimbelnya agar banyak siswa yang tergoda buat daftar bimbel. Banyak nih siswa yang tergoda buat ikut bimbel termasuk gue, malahan gue udah bayar dp juga Rp 50.000 :D. beberapa minggu sebelum UN gua baru mikir, ngapain sih ikut-ikut bimbel, ngabisin duit aja. Padahal keluarga gue juga udah maksa gue buat ikut bimbel. Tapi emang gue anaknya keras kepala jadinya tetap gak mau ikut. Daripada duitnya abis buat bayar bimbel, mending ditabung buat biaya kuliah, bener gak coooy?? :D
akhirnya UN nya datang juga, gue rasa UN nya gak terlalu sulit lah. kalo buat syarat lulus SMA mah masi kejangkau sama otak gue #bukansombongya :D. Abis UN temen-temen gue udah pada pindah ke padang buat bimbel. Nah gue?? gue mah masih stay dirumah, nyantai-nyantai, jalan-jalan, nikmatin hari setelah UN dulu,hehe. Sebelum pengumuman SNMPTN, cara belajar gue masih santai kayak UN lah, yaa sehari paling 3 jam, itu cuman saat malam doang…
Pas hari pengumuman SNMPTN gue lagi di kampung halaman,Batipuh, Padang Panjang. nah itu sinyalnya internet jueeeelek bangeet. gue harus nunggu sampe sore buat cek hasilnya, itupun harus ke kota dulu buat cek hasilnya. gue mah gak terlalu berharap sama hasil SNMPTN, soalnya pilihan gue itu di UNS, jurusan yang passing grade nya tinggi, dan sama sekali gak ada alumni disana. Dan setelah di buka webnya….. Jreeeeng jreeeeeeng!!! gue dinyatakan gak lulus :D
Setelah pengumuman tersebut gue baru mikir, gue harus lebih rajin lagi belajarnya, gak boleh buang-buang waktu lagi, harus lebih mengatur waktu belajar nya. soalnya tes tulis nya tinggal sebulan lagi, ini nih tips dari gue biar lulus sbmptn :
1. Yang pertama lo harus belajar seefektif mungkin, kenapa gue bilang efektif?? percuma kan lo belajar seharian tapi materinya gak masuk ke otak lo. gak perlu belajar lama-lama tapi sering. misalkan pagi lo belajar 1-2jam trus terserah lo deh mau ngapain, ntr siang lanjut lagi 1-2 jam, istirahat lagi. baru malam lanjutin lagi 2-3 jam..
2. lo harus belajar senyaman mungkin, dan yang tau cara belajar yang nyaman cuman lo sendiri. kalo lo nyaman nya belajar dengerin musik ya belajar sambil dengerin musik, kalo nyamannya belajar sambil jalan ya jalan deh lo sambil baca buku :D.  kalo gue dulu setiap belajar harus pake gitar atau musik biar materinya masuk ke otak gue.
3. Try Out atau simulasi Soal, simulasi soal bisa lo dapat di internet ato beli buku tentang soal-soal sbmptn. lo juga bisa ikut simulasi Try Out yang diaadain oleh orang luar, juga bisa download software simulasi sbmptn di internet.
4. Nah ini yang paling penting banget, jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua. tanpa ini mah sia-sia lo belajar :D
disini gue gak ada niat menggurui atau mengajari, saya cuman berbagi apa yang saya alami tahun lalu. Jangan berfikiran bahwa gak ikut bimbel gak berhak untuk lulus sbmptn. kita semua sama, punya hak untuk lulus juga. jika kalian berusaha dan belajar dengan giat, pasti hasilnya juga baik :D #tumbenbijak

Demikian dari saya, semoga ada manfaatnya untuk teman-teman semua, dan mudah-mudahan lulus di PTN yang diinginkan Aamiin.
Fajri Aga Barita
Sijunjung, Sumatera Barat
SMA N 1 Sijunjung
Administrasi Perpajakan, Universitas Brawijaya “14

Comments

  1. kak saya agak nge - down karena mamah ga mau les in saya. pasti bisa kan ka?

    ReplyDelete
  2. Kak, passing grade nya pajak ub tinggi ya? Soalnya aku minat bgt pajak ub

    ReplyDelete
  3. Gimana kalo gue lulusan tahun kemarin, dan baru kepikiran buat belajar sekarang. Sementara gue aktif di kegiatan lain? Beri aku motivasi kak :(

    ReplyDelete
  4. Kak bagi pengalaman dan tips buat ngerjain sbmnya dong.aku juga minat bgt di adm perpajakan Unbraw.thankyouu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pengalamannya yaa seblum ngerjain ujian yg pasti harus belajar ya, kalo gak belajar ya percuma, hehe..
      Trus berdoa juga, mnta doa buat dikasih ketenangan sama petunjuk saat pengerjaan, dan percaya diri, gak usah liat org lain, cukup yakin sama diri sendiri aja

      Delete
  5. kak, kakak belajar SBMPTN mulainya dari mana ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello hai, kalo belajar sbmptn sih perbanyak latihan soal. mulai dari soal tahun2 sebelumnya, karena tipe soal nya gak jauh dari tahun sebelumnya.

      Delete
  6. whoaahhh.. UB '-' Congratss kak ^u^ *meski udah lama siik yaa-.-*

    ReplyDelete
  7. whoaahhh.. UB '-' Congratss kak ^u^ *meski udah lama siik yaa-.-*

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts